WFH Bikin Bisnis Sewa Laptop Laris Manis

WFH Bikin Bisnis Sewa Laptop Laris Manis

Pandemi virus Corona (COVID-19) tak melulu berdampak negatif bagi para pengusaha. Sebagian diantaranya masih ada yang diuntungkan oleh pandemi ini. Salah satunya bagi para pengusaha sewa laptop.

Sebagian pebisnis sewa laptop mengaku permintaan atas barangnya meningkat tajam sejak diterapkannya kerja dari rumah atau work from home (WFH). Peningkatan omzetnya bahkan bisa mencapai 60% dari rata-rata pendapatan sebelumnya.

“Kalau dari Maret 2020 itu peningkat omzet kami bisa mencapai 50-60%,” ujar Sutenda, pemilik RajaKomputer kepada detikcom, Selasa (28/7/2020).

Peningkatan ini bahkan sempat membuat Sutenda dan rekannya kewalahan menerima pesanan. Sebab banyaknya jumlah yang dipinjam oleh pelanggan. Hal ini terjadi karena pelanggan yang paling banyak menyewa laptop adalah perusahaan. Satu perusahaan biasanya meminjam dalam jumlah yang begitu banyak sesuai jumlah karyawannya yang WFH.

“90% yang meminjam adalah corporate ya, mereka pinjam karena karyawannya kan kerja dari rumah, daripada mereka beli baru, makanya pada nyewa ke kita untuk jangka waktu tertentu,” sambungnya.

Sedikit berbeda dari RajaKomputer, penyewa laptop lainnya justru merasa kapok menjalankan bisnis sewa laptop. Sebab, sempat mengalami kejadian yang tidak menyenangkan.

“Usaha sewa laptop ini sudah nggak jadi fokus utama lagi semenjak COVID-19 karena ada kejadian laptop digadaikan konsumen. Terlebih lagi, ketika ada COVID-19 ini sedikit mewanti-wanti karena sebagian besar terkena imbas ekonomi yang bisa jadi sewa semacam ini dimanfaatkan,” ujar Owi pemilik Owi Rental.

Untuk itu, saat ini ia memperketat syarat sewa laptopnya ke konsumen. Kali ini, ia hanya mengizinkan sewa laptop diambil untuk lingkup 1 kota saja.

“Konsumen sering kita tolak karena berasal dari luar kota, selain itu kita wajibkan menunjukkan KTP asli dan harus memberi tahu lokasi rumah dengan cara laptopnya diantar langsung ke rumah konsumen tersebut,” pungkasnya.

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5111432/wfh-bikin-bisnis-sewa-laptop-laris-manis


WhatsApp chat